Strategi Pemasaran Dan Analisis Pendapatan Usaha Beras Super Tani Maju Di Desa Sritunggal Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Mutiara

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui berapa besar pendapatan usaha “Beras Super Tani Maju” di Desa Sritunggal Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan, 2) mengetahui strategi pemasaran usaha “Beras Super Tani Maju” di Desa Sritunggal Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya produksi “Beras Super Tani Maju” Dalam satu kali proses adalah sebesar Rp 20.048.069/Proses dan pendapatan sebesar Rp 3.351.931/Proses. Berdasarkan analisis internal dan eksternal usaha beserta diagram Cartesius dapat diperoleh bahwa yang menjadi strategi utama dari usaha “Beras Super Tani Maju”adalah strategi agresif (Growth Oriented Strategy) dengan mengambil kesempatan atau peluang yang ada untuk meraih omzet yang maksimal dan dapat meningkatkan daya saing meliputi bermitra dengan pabrik (RMU) baik dalam maupun luar daerah, menentukan krikteria bahan baku (beras), memperbaiki kemasan beras dengan inovasi-inovasi, menetapkan harga beras kemasan dan mengembangkan jaringan pemasaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

Aji, J.M.M dan Widodo, A. 2010. Perilaku Konsumen Pada Pembelian Beras Bermerk Di Kabupaten Jember Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. J-SEPVol.4 No. 3
November 2010. Universitas Jember. Jember.

Anonim. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2015-2019. Kementerian Pertanian. Jakarta.

Anonim. 2017. Ketahanan Pangan dan Gizi. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17. Jakarta.

Anonim. 2016. Statistik Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Bassey NE, Ibok OW, Akapaeti AJ. 2013. Rice Market Structure, Conduct, and Peformance in Nigeria: A Survey of Akwa Ibom State Rice Marketers. Asian Journal of
Agricultural and Food Science, 1(3).

Gaspersz, V. 2012. All In One Strategy Management. Diterjemahkan oleh T.Herawati. Vinchirsto Publication. Bogor.

Hasyim, A.I. 2012. Tataniaga Pertanian. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Lampung. Lampung.

Kotler, P dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Rangkuti, F. 2000. Analisis SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Swastika, N. Yanto,T dan Hartati, A. 2013. Performasi Kualitas Atribut Beras Organik Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Beras Organik Di Kabupaten Sragen. ISSN:
1410-0029 agrin Vol. 17, No.2. Universitas Jendral Soedirman. Purwokerto.