Analisis Kelayakan Usaha Tani Semangka Pada Lahan Gambut (Studi Kasus Di Kelompok Tani Pelangi Desa Sarang Burung DanauKecamatan Jawai Kabupaten Sambas)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Darma Irawan
Laila Nuzuliyah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui besar biaya produksi dan pendapatan pada usaha budidaya tanaman semangka pada lahan gambut di Desa Sarang Burung Danau Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas. 2) Untuk mengetahui kelayakan usaha budidaya tanaman semangka pada lahan gambut di Desa Sarang Burung Danau Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya Penerimaan yang di dapat dalam satu kali musim tanam yaitu sebesar Rp 90.000.000,-. Keuntungan (pendapatan) yang di hasilkan dalam satu kali musim tanam adalah sebesar Rp 55.655.000,-. Pada analisis ini usaha tani semangka layak untuk dilanjutkan karena hasil perhitungan nilai R/C > 1 yaitu sebesar 2,62.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

Ekowati, T., H. Setiawan, dan D. Sumarjono. 2014. Usahatani. Universitas Diponegoro, Semarang.

Irawan. A., 1997. Pertanian Hortikultura dan Perkembangannya Karya Remadja. Bandung.

Lestari, W. D. F., N. D. Naomi, dan M. Najib. 2011. Analisis Pendapatan Dan Titik Impas Usahatani Mentimun (Cucumis sativus L.) di Desa Bangunrejo Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. J. Ekonomi Pembangunan Pertanian. 8 (2): 28 – 32.

Soekartawi. 2001. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Sukirno. Sadono. 2000. Mikro Ekonomi Modern : Perkembangan Pemikiran dari Klasik sampai Keynesian Baru, Edisi 1. PT Raja Grafindo, Jakarta

Suratiyah, K. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Tristanti, W. 2017. Panduan Teknis Budidaya Semangka. Literindo. Yogyakarta.

Wahyudi, A. 2014. Peningkatan Produksi Buah Semangka Menggunakan Inovasi Teknologi Budidaya Sistem Topas. Jurnal Kelitbangan, 2 (2): 94-102.

Winarjo. 2003. Bertanam Semangka, Penerbit Kanisius. Yogyakarta.