Analisis Tataniaga Beras di Desa Tugu Harum Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iman Sulaiman
Zulkarnain

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui margin pemasaran di lembaga pemasaran beras di Desa Tugu Harum Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur, 2) mengetahui farmer share di saluran pemasaran I, II, dan III pada tataniaga beras di Desa Tugu Harum Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata–rata margin pemasaran pada produsen beras adalah Rp 2.927,87/kg, pedagang pengumpul adalah Rp 950,00/kg, dan pedagang pengecer adalah Rp1.050,00/kg. Rata – rata farmer share yang diperoleh petani pada saluran pemasaran I sebesar 57,59 %, saluran pemasaran II sebesar 50,61%, dan saluran pemasaran III, sebesar 44,64%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

Anindita, R. 2003. Dasar – dasar Pemasaran Hasil Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Daniel, M. 2002. Pengantar ekonomi pertanian. PT. Bumi aksara. Jakarta.

Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. CV. Andi offset. Yogjakarta.

Handewi. 2004. Metode Pengumpulan Data dan Analisis Margin Pemasaran Dalam Sistem Distribusi Pangan. Makalah Seminar Badan Ketahanan Pangan. Departemen Pertanian. Jakarta.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jilid 2. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Kotler dan Amstrong . 2008. Prinsip –Prinsip Pemasaran Jilid 1. PT. Erlangga. Jakarta.

Kotler dan keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 edisi ke 13 . PT. Erlangga. Jakarta.

Lukito. 2011. Bagan Rencana Aksi Terintegrasi Dalam Upaya Mencapai Produksi Beras Secara Optimal. Fakultas Pertanian UGM. Yogyakarta .

Rahim dan Hastuti. 2007. Ekonomi Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Said dan Intan. 2001. Manajemen Agribisnis. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Sam dan Indah. 2016. Manajemen Agribisnis Padi. Semesta Anugrah. Surabaya.

Sjarkowi, F dan M. Sufri. 2004. Manajemen Agribisnis. CV. Baldad Grafiti Press. Palembang.

Sjarkowi, F. 2010. Manajemen Pembangunan Agribisnis. CV. Baldad Grafiti Press. Palembang.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. PT. Gravindo Persada. Jakarta.

Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.