Analisis Efesiensi Pemasaran Daun Talas Beneng Di Kabupaten Oku Timur (Studi Kasus Di Desa Margodadi)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui berapa besaran pendapatan petani daun talas beneng di Kabupaten OKU Timur, 2) mengetahui margin pemasaran petani daun talas beneng yang ada di Kabupaten OKU Timur, 3) mengetahui saluran pemasaran yang paling efisien pada pemasaran daun talas beneng di Kabupaten OKU Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pendapatan rata-rata yang di peroleh petani adalah Rp.3.310.380 /bulan. Besarnya margin pemasaran dan tingkat efisien pemasaran pada saluran pemasaran yang ada, saluan pemasaran I. Pada saluran pemasaran II jumlah margin Rp.3.000/kg tingkat efisiensi pemasaran rata-rata 6,67%. Sedangkan dilihat dari tingkat efisisensi pemasaran, dari seluruh saluran pemasaran yang ada pola pemasaran saluran I tergolong efisien karena margin paling kecil, serta tingkat efisiensi pemasaran <5%. Dibandingkan dengan pola saluran pemasaran II disamping itu pola saluran pemasaran I merupakan saluran pemasaran yang paling pendek. Namun jika kedua saluran pemasaran tersebut dibandingkan, maka dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran pertama merupakan saluran pemasaran yang paling efisien.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Referensi
Amiruddin. 2013. Perubahan Sifat Fisik Talas (Colocoasia Esculenta L. Schoot) selama Pengeringan Lapis Tipis. Skripsi. Program Studi Keteknikan Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin. Makassar.
Anonim. 2011. Beneng Si Talas Raksasa Dari Banten. Balai PengkajianTeknologi Pertanian, Banten. E-mail: bptp-banten@litbang pertanian.go.id.
Buchari Alma. 2011, Manajemen Pemasaran dan PemasaranJasa,Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.
Dwi Martani, dkk. 2014. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.
Firdaus, M. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2.012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga
Minantyorini dan Hanarida Somantri.2002.Panduan Karakterisasi dan Evaluasi Plasma Nutfah Talas Komisi Plasma Nutfah Talas.
Purwono dan Heni, 2007.Budidaya 8 Jenis Tanaman Pangan Unggul.PT.Penebar Swadaya. Jakarta. Hal 96-116.
Rusbana TB, Saylendra A, Djumantara R. 2016.Inventarisasi hama dan penyakit yangberasosiasi pada Talas Beneng (Xanthosomaundipes K. Koch) di kawasan Gunung Karang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Jur.Agroekotek 8 (1):1 6.
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori danAplikasi.Jakarta:PT.RajaGrafindo Persada. 238 hal.
Sjarkowi, F dan Sufri, M, 2004. Manajeman Agribisnis. CV. Baldad Grafiti Press. Palembang.
Suratiyah. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.
Tjiptono. F. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, AndiOffset, Yogyakarta.