STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN MUJAIR (Oreochromis mossambicus) POLA KERAMBA DI KECAMATAN WARKUK RANAU SELATAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Reni Restika

Abstrak

Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dalam pengembangan usaha ikan mujair pola keramba di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan 2) Untuk menganalisis strategi pengembangan usaha ikan mujair pola keramba di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.Pemilihan lokasi dilakukan secara Purposive yaitu secara sengaja berdasarkan pertimbangan bahwa di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan ada 3 desa yang sedang dalam tahap pengembangan usaha ikan mujair.Peneilitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2017.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey..Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh, yaitu teknik penentuan sampel dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif kualitatif.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey..Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh, yaitu teknik penentuan sampel dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif kualitatif.


Berdasarkan hasil penelitian disimpulah bahwa Faktor Intenal (Kekauatan) pada usaha ikan mujair adalah 1) Modal sendiri. 2) Harga jual yang relatif tinggi. 3)Lokasi yang memadai. Dan Faktor Ikternal (Kelemahan) pada usaha ikan mujair adalah 1) Pengetahuan tentang budidaya ikan mujair masih rendah. 2) Tenaga kerja kurang. 3) Pemasaran ikan mujair masih kurang. Faktor Eksternal (Peluang) pada usaha ikan mujair adalah 1) Permintaan terhadap ikan mujair semakin meningkat. 2) Peluang usaha terbuka luas. Dan Faktor Eksternal (Ancaman) pada usaha ikan mujair adalah 1) Belum ada tenaga penyuluh. 2) Benih ikan yang susah didapat. 3) Pencemaran pada air.


Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha ikan mujair di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan adalah Strategi S-O 1) Memanfaatkan modal dan lokasi yang ada sebaik mungkin sebagai peluang usaha ikan mujair guna menambah pendapatan petani ikan mujair. 2) Menjaga mutu dan kualitas ikan mujair guna untuk mempertahankan penjualan hasil produksi yang dapat menguntungkan petani. Strategi W-O 1) Optimalisasi pelatihan tentang teknis budidaya ikan mujair yang baik dan benar dalam rangka meningkatkan pemasaran dan menambah pendapatan petani. 2) Memberikan informasi kesempatan kerja terhadap masyarakat sekitar tentang peluang untuk usaha ikan mujair pola keramba. Strategi S-T 1) Memanfaatkan modal yang ada untuk penerapan teknologi budidaya yang baik dan benar guna mengembangkan budidaya ikan mujair. 2) Menjaga kualitas air selalu bersih dan menjaga mutu ikan mujair yang memiliki nilai prospek yang sangat baik guna memenuhi permintaan pasar.  Strategi W-T. 1) Menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian guna memberi informasi dan pengetahuan terkait dengan masalah yang sedang dihadapi oleh petani ikan mujair. 2) Menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar untuk memberikan lapangan pekerjaan dan untuk menjaga kualitas air selalu bersih sehingga terjaga dari kontaminasi zat beracun yang dapat mengakibatkan penurunan produksi ikan mujair.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

Afrianto. 2011. Beberapa Metode Budidaya Ikan. Kanisius (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Bone. 1993. Pengetian Pengembangan.

Bambang. 2000. Pembenihan dan Perawatan Ikan Mujair. Badan Litbang Pertanian. Bogor.

BPS OKUS. 2016. Kecamatan Warkuk Ranau Selatan Dalam Angka.

David, F. 2006. Manajemen Strategi.Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta : Selemba Empat.

Dinas Perikan OKUS. 2015. Produksi ikan air tawar di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.
Freddy, R. 2003.Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Heryadi. 2011. Hama dan Penyakit. Jurnal Penelitian. Universitas Sumatera Utara.

Huda, H, M. 2012. Setrategi Pengembangan Perikanan Dalam Pembangunan Ekonomi Wilayah di Jawa Timur. Jurnal Penelitian ISSN.

Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keuntungan Kompetitif. Erlangga. Jakarta.

Kurniati, S, A. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Ikan Mujair di Kabupaten Kuatan Singingi Propinsi Riau. Jurnal Agribisnis ISSN.

Mardikanto. 2014. Pengantar Ilmu Pertanian. Surakarta: Pustaka Pengembang Agribisnis dan Perhutanan Sosial.

Murtidjo.2005. Metode Pembenihan Ikan Air Tawar.Jogjakarta : Kanisus.

Rahayu. 2013. Prospek Pengembangan Ikan Mujair. di Desa Paluh Merbau. Journal Penelitian ISSN.

Rahmawati, H. 2012. Strategi Pengembangan Budidaya Ikan Tawar. Jurnal Penelitian ISSN.