STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KEMPLANG PANGGANG DI KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indriani

Abstrak

Strategy for the Development of Small and Medium Enterprises (UKM) kemplanganggang in Martapura District, Ogan Komering Ulu Timur Regency. The method used in this study used a saturated sample method, the samples taken were SMEs, kemplang traders and the Department of Industry and Trade in the city of Martapura. The types of data used in this study include primary and secondary data, which are analyzed using the SWOT matrix. The results of the research in the field obtained an average of 2.93 internal factors and 3.26 external factors, this means that the Kemplanganggang UKM in Martapura District, East OKU Regency is in position II with a concentration strategy through Horizontal integration, from the SWOT analysis it can be concluded that UKM Baked kemplang has weaknesses and threats that must be minimized so that it can develop more advanced in the future, there are several ways that have been analyzed, namely by increasing kemplang production, making packaging more attractive and using labels, promoting through social media, increasing forms. kemplang variants to make it more attractive, and add outlets and expand the network by entering areas where there is no kemplang production.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

Anonymus, 2012. Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pembuatan Kerupuk Kemplang. Proyek Penelitian dan Pengembangan Industri Palembang.

Barney, Jay B .1977. Dalam LAN RI 2008 Strategi Pencapaian Tujuan. Jakarta.

Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Sumatera Selatan. 1982. Komposisi Zat Gizi Kerupuk Ikan dalam 100 gr Bahan. Bhatara Karya Aksara, Jakarta.

Djajil dan Sulaiman, 2015. Stratetegi Pengembangan Usaha Keripik Ubi Kayu pada Industri Pundi Mas, Palu.

Departemen Perindustrian RI. 1985. Kerupuk Ikan Standar Nasional Indonesia Nomor 01-2713-1992.

Disperindag, 2016. Kabupaten OKU Timur. Data Perkembangan Jumlah UMK di Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur.

Disperindag, 2016 Kabupaten OKU Timur. Data Jenis UKM di Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur.

Fatmawati, 2012. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Lempok Durian. Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. (Tidak di publikasikan)

Iljas, 1995. Mengemukakan bahwa kemplag merupakan makanan tradisional Sumatra Selatan.

Keputusan Presiden RI No.99 Tahun 1998, Pengertian Tentang Usaha Kecil Menengah.

Keputusan Presiden No.23 tahun 2004, Kebijaksanaan Pemerintah Untuk Menumbuh Kembangkan UMKM.

Lazuardi, 2008. Formulasi Strategi Pengembangan Usaha Restoran Macaroni panggang, Bogor.

Mast, 1962. Mengemukakan bahwa kemplang terbuat dari bahan baku ikan, air, garam dan tepung tapioka.

Mappigau, Esso. 2011.Analisis Strategi Pemasaran Keripik Tempe Pada Usaha Kecil Menengah,Kabupaten Sidrap.

Purwanto, 2015. Strategi Pengembangan UMKM Pangan yang Berdaya Saing di Indonesia, Bandung, Palembang dan Surabaya.

Roeksohadiprojo, 1982. Penelitian Tentang Model Agropolitan Untuk pengembangan Potensi Ekonomi Daerah.

Romlah. 1996. Kemplang. (Online). (http://www.kemplang.net. Diakses 27 Juni 2011).

Soekartawi, 2007. Peranan UMKM Dalam Lajunya Pertumbuhan Perekonomian Masyarakat.

Saraswati. 2011. Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri. Bharata. Jakarta.

Sri, 2013. Struktur Ekonomi Agraris Dan Industrialis. Jurnal Penelitian. Bandung, 2014.